WP Cumulus Di Blogspot

Pertama kali melihat blog yang ada awan bergerak gerak pertamanya adalah rasa heran, kok heran karena jujur yang pertama karena unik yang kedua karena bagus, iya bagus… nyeni maksudnya. setelah mencari cari apa namanya itu ternyata Tag WP Cumulus, yaitu kumpulan tag yang diolah oleh javascript sehingga menghasilkan awan awan yang bisa bergerak gerak dan unik yang pastinya untuk blog kita.

langkah pertama adalah biasa menggoogling sama embah untuk mencari ilmu, setelah muter muter akhernya ketemu yang nama nya si Cumulus cumulus tadi, pertama kali liat ternyata sebenarnya tu Plugin sebenarnya pake WP alias wordpress tapi berhubung WP nya masih ngontrak jadi ikut aturan yang ditentukan sama yang punya kontrakan, tapi gak bingung juga aku juga masih punya blog satunya diblogspot jadi alangkah baiknya jika dicoba diblogspot, karena selain bebas diotak atik diblogspot  juga bisa dimodifikasi alias diotak atik ( kok mutar muter ini ). dah langsung saja hasil yang aku lakukan dengan mengrbankan blogspotku sebagai media uji coba

1. Pertama adalah tentu saja Sign In di Blogspot.

2. Kemudian pada kontrol panel masuk kebagian tata letak atau layout, lalu pilih edit html dan centang expand widget. (kalo sampeyan takut rusak alangkah baiknya disimpan dulu )

3. Kemudian adalah mencari kata kata di bawah ini ( jika pengen mudah tekan ctrl+f )

<b:section class=’sidebar’ id=’sidebar’ preferred=’yes’>

kalo sudah dapet langsung aja copy kode dibawah ini tepat dibawahnya.

<b:widget id=’Label9′ locked=’false’ title=’Tag’ type=’Label’> <b:includable id=’main’> <b:if cond=’data:title’> <h2><data:title/></h2> </b:if> <div class=’widget-content’> <script src=’http://halotemplates.s3.amazonaws.com/wp-cumulus-example/swfobject.js&#8217; type=’text/javascript’/> <div id=’flashcontent’>Blogumulus by <a href=’http://www.roytanck.com/’>Roy Tanck</a> and <a href=’http://www.bloggerbuster.com’>Amanda Fazani</a></div> <script type=’text/javascript’> var so = new SWFObject(&quot;http://halotemplates.s3.amazonaws.com/wp-cumulus-example/tagcloud.swf&quot;, &quot;tagcloud&quot;, &quot;300&quot;, &quot;200&quot;, &quot;7&quot;, &quot;#ffffff&quot;); // uncomment next line to enable transparency //so.addParam(&quot;wmode&quot;, &quot;transparent&quot;); so.addVariable(&quot;tcolor&quot;, &quot;0x333333&quot;); so.addVariable(&quot;mode&quot;, &quot;tags&quot;); so.addVariable(&quot;distr&quot;, &quot;true&quot;); so.addVariable(&quot;tspeed&quot;, &quot;100&quot;); so.addVariable(&quot;tagcloud&quot;, &quot;<tags><b:loop values=’data:labels’ var=’label’><a expr:href=’data:label.url’ style=’12’><data:label.name/></a></b:loop></tags>&quot;); so.addParam(&quot;allowScriptAccess&quot;, &quot;always&quot;); so.write(&quot;flashcontent&quot;); </script> <b:include name=’quickedit’/> </div> </b:includable> </b:widget>

kalo sudah simpan saja n liat hasilnya, tapi kalo saya kemarin habis diliat ternyata hasilnya aneh, pertam tinggi dan rendahnya tu widget gak sama alias gak rata sama yang lain – lanya sehingga perlu diatur lagi tinggi rendahnya dengan mengganti angka angka yang ada dikode dibawah ini

var so = new SWFObject(&quot;http://halotemplates.s3.amazonaws.com/wp-cumulus-example/tagcloud.swf&quot;, &quot;tagcloud&quot;, &quot;300&quot;, &quot;200&quot;, &quot;7&quot;, &quot;#ffffff&quot;);

Perintah diatas artinya adalah angka 300 menyatakan lebar, 200 menyatakan tinggi, dan #FFFFFF menyatakan warna background dari widget, kalo aku mengetahui warnanya adalah dengan melihat diphotosop.

dan jika pengen merubah ukuran fontnya coba smpyn ganti kode angka

(12) dibawa ini dengan angka atau besarnya sesuai dengan keinginan sampeyan.

so.addVariable(“tagcloud”, “<tags><b:loop values=’data:labels’ var=’label’><a expr:href=’data:label.url’ style=’12’><data:label.name/></a></b:loop></tags>”);

kalo tidak ada photohop banyak juga di google tentang pengkodean warna html atau cari aja dengan kata kata HTML color codes

sekian berbagi pengalaman saya tentang iseng dan iseng lagi kepada para pembaca, ini Link ke Blogspot saya TEKAN jika kepengen ngeliat hasinya ( Sekalian promosi ) mohon maaf jika saya sok bisa karena namanya juga masih belajaran, dan para ahlinya tolong bantuannya jika ada kekurangan atau kesalahan dan masukannya yang pasti.

* disadur dari berbagai sumber di Google.


Iklan

6 Komentar (+add yours?)

  1. nohara11
    Des 22, 2009 @ 02:14:13

    klo yg di wp gmn om??
    aq bingung… ajarin donxx…

  2. zarod
    Des 22, 2009 @ 06:32:01

    setahuku klo wp yang masih geratisan gak bisa han, kecuali klo domain sendiri. makanya kucoba pake blogspot krn wpku juga masih ngontrak… he…

  3. bayu putra
    Des 22, 2009 @ 07:52:05

    selamat HARI IBU.. KASIH DAN CINTANYA SEPANJANG MASA…

  4. zarod
    Des 22, 2009 @ 07:59:41

    he… saya bapak e pak, gak ada ya hari bapak 🙂

  5. Agung Suparjono
    Des 22, 2009 @ 10:15:54

    ayo beli hosting ama domain sendiri, kalo gratisan ya namanya juga gratis pasti terbatas 🙂

  6. zarod
    Des 22, 2009 @ 11:44:46

    Iya kang, mkanya pke blogspot klo mo utak atik html sma javascript. Mo beli domain tp yg gratisan aja msh sepi kang. . . He. . . 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: